Kamis, 02 Oktober 2014

WEJANGAN SANG KRESNA KEPADA ARJUNA DALAM BHAGAVAD GITA DALAM KONSEP PILSAFAT DALAM BHAGAVAD GITA KRISNA MEMBERIKAN WEJANGAN KEPADA ARJUNA KARENA KERAGU-RAGUANNYA DALAM MELAKSANAKAN KEWAJIBANNY A DALAM MEDAN PERANG.


WEJANGAN SANG KRESNA KEPADA ARJUNA DALAM BHAGAVAD GITA DALAM KONSEP PILSAFAT
DALAM BHAGAVAD GITA KRISNA MEMBERIKAN  WEJANGAN KEPADA ARJUNA KARENA KERAGU-RAGUANNYA DALAM MELAKSANAKAN KEWAJIBANNY A DALAM MEDAN PERANG.
  SLOKA 4.3
BERBUNYI
Aparam bavato janma   param janma visvatah
Katham etad vijaniyam   tvam adau proktavan iti
ARTINYA
Ilmu pengetahuan yang abadi tersebut mengenal hubungan dengan  Yang Mahakuasa hari ini kusampaikan kepadamu,sebab engkau adalah penyembah dan kawanku , karena itulah engkau dapat mengerti rahasia rohani ilmu pengetahuan ini .
  SLOKA 4.4                                                                                                                ARJUNA  UVACA
Aparam bhavato janma    param janma vivasvatah
Katham etad vijaniyam    tvam  adau proktavam iti
ARTINYA:
Vivastam, dewa matahari, lebih tua dari pada anda  menurut kelahiran. Bagaimana hamba dapat mengerti bahwa pada awal anda mengajarkan ilmu pengetahuan  ini kepada beliau
  SLOKA 4.5
SRI BHAGAVAN UVACA:
Bahuni me vyatitani   janmanitava carjuna
Tany aham veda sarvani   na tvam vettha parantapa
ARTINYA:
Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa bersabda: engkau dan aku sudah dilahirkan berulang kali. Aku dapat ingat segala kelahiran itu,tetapi engkau tidak dapat ingat , wahai penakluk musuh.
  SLOKA 4.6
Ajo ‘pi sann avyatma     bhutanam isvaro ‘pi san
    prakrtim svam adhisthaya     sambhavamy atma-mayaya

ARTINYA:
Walupun aku tidak dilahirkan dan badan rohani-Ku tidak pernah merosot,dan walaupun aku penguasa semua makhluk hidup , aku masih muncul pada setiap jaman dalam bentuk rohani-Ku yang asli.
Ajnas casraddadhanas ca    samsayatma vinasyati
Ndyam loko sti na paro        na sukham samsayatmanah
Artinya:
Tetapi orang yang bodoh dan tidak percaya yang ragu-ragu tentang kitab-kitab suci yang di wahyukan ,tidak akan mencapai kesadaran terhadap tuhan yang maha esa ,melainkan mereka jatuh.tidak ada kebahagian bagi orang yang ragu-ragu, baik di dunia ini  maupun dalam penjelmaan yang akan datang .
SLOKA 5.10
Brahmany  adhaya karmani     sangam tyaktva karoti yah
Lipyate na sa papena       padma-patram ivambhasa
Artinya:
Orang yang melakukan tugas kewajiban nya tanpa ikatan , dengan menyerahkan hasil perbuatan kepada tuhan yyang maha esa , tidak di pengaruhi oleh perbuatan yang berdosa , ibarat daun bunga padma  yang tidak di sentuh oleh air.
 
SLOKA 5.13                                                                                                                                      Sarva-karmani manasa     sannyasyate sukham vasi
Nava-dvare pure dehi     naiva kuvam na karayan
Artinya:
Apabila makhluk hidup yang membadan  mengandalkan sifatnya  dan secara mental  melepaskan ikatan  terhadap segala perbuatan , ia akan tinggal dengan bahagia  di kota yang mempunyai sembilan pintu gerbang(badan jasmani) ,dan ia tidak bekerja ataupun menyebabkan  pekerjaan di lakukan .
SLOKA 6.16
Naty-asnatas tu yogo  ‘sti     na caikantam anasnatah
Na cati-svapna-silasya          jagrato naiva carjuna
ARTINYA:
Wahai Arjuna, tidak mungkin seorang menjadi yogi kalau dia makan terlalu banyak , makan terlalu sedikit ,  tidak terlalu banyak atau tidak tidur secukupnya.
  SLOKA 6.29
Yatha dipo nivata –stho    nengate sopama smerta
             yogino yata-cittasya          yunjato yogam atmanah
ARTINYA:
Ibarat lampu di tempat yang tidak ada angin tidak bergoyang, seorang rohaniwan yang pikirannya terken dalikan selalu mantap dalam semadinya pada sang diri yang rohani dan melampaui hal- hal duniawi
  SLOKA7.8
 Raso ‘ham apasu kaunteya      prabhasmi sasi-suryayoh
Pranavah  sarva-vedesu           sabdah khe paurusan
                                                            nrsu
ARTINYA:

Wahai putera kunti (arjuna) ,aku adalah rasa air ,cahaya matahari dan bula,suku kata om dalam mantra-mantra veda:aku adalah suara di angkasa dan kesanggupan dalam manusia.
  SLOKA 7.9
Punyo gandhah prthivyam ca     tejas casmi vibhavasau
            jivanam sarva-bhutesu                tapas casmi tapasvisu
ARTINYA:
Aku adalah harum yang asli dari tanah, dan aku adalah panas dalam api. Aku adalah  nyawa segala sesuatu yang hidup ,dan aku adalah pertapaan semua orang yang bertapa
  SLOKA 7.10
Bijam mam sarva-bhutanam    viddhi partha                                                                                                                       sanatanam
Buddhir buddimatam asmi          tejas tejasvinam aham
ARTINYA:
Wahai putera prtha, ketahuilah bahwa aku adalah benih asli segala kehidupan , kecerdasan orang yang cerdas, dan kewibawaan orang yang perkasa .
   SLOKA 9.17
Pitaham asya jagato                mata dhata pitamahah
             vedyam pavutram omkara     rk sama yajur eva ca
ARTINYA:
Akulah ayah alam semesta  ini , ibu penyannga dan kakek .akulah obyek  pengetahuan ,yang menyucikan dan suku kata om , aku juga Rg ,sama,dan yajur  veda.  
SLOKA 10.20
Aham atma  udakesa               sarva bhutasaya sthitah
Aham adis ca madhyam ca      bhutanam anta eva ca
ARTINYA:
O Arjuna, aku adalah roh yang utama yang bersemayam di dalam hati semua makhluk hidup. Aku adalah awal,pertengahan dan akhir semua makhluk
  SLOKA 10.21
Adityanam aham visnur      jyotisan ravir amsuman
            Maricir marutam asmi         naksatranam aham  sasi
ARTINYA:
Diantara para aditya aku adalah visnu,diantara sumber-sumber cahaya aku adalah matahari yang cerah ,diantara para marut aku adalah marici,dan diantara bintang-bintang aku adalah bulan.
  SLOKA 10.23
Rudranam sankaras casmi   vitteso  yaksa-raksasam
             vasunam pavakas casmi      meruh sikharinam aham
ARTINYA:
Diantara semua rudra aku adalah dewa siva, diantara para yaksa dan raksasa aku adalah dewa kekayaan (kuvera) di antara para vasu aku adalah  api (agni), dan antara gunung-gunung aku adalah meru.
  SLOKA 10.24
  Purodhasam ca mukhyam mam       viddhi partha                                                                                                                          brhaspatim 
  Senaninam aham skandah                 sarasam  asmi                                                                                                                       sagarah
ARTINYA:
Wahai Arjuna, diantara semua pendeta ,ketahuilah bahwa aku adalah Brhaspati ,pemimpinnya . Diantara para panglima aku adalah kartikeya,dan diantara sumber-umber  air  aku adalah lautan.
  SLOKA 10.25
Maharsinam bhrgur aham   giram asmy ekam aksaram
            Yajnanam japa-yajno ‘smi     sthavaranam  himalayah
ARTINYA:
Di antara resi-resi yang mulia ,aku adalah bhrgu ,diantara getaran-getaran suara aku adalah om yang bersifat rohani ,diantara korban-korban suci aku adalah ucapan-ucapan nama-nama sici tuhan dan diantara benda-benda yang tidak bergerak aku adalah pegunungan himalaya.
  SLOKA 132
 Sarganam adir antas ca    madhyam caivaham arjuna
             adhyatma-vida vidyanam     vadah pravadatam aham
ARTINYA:
Diantara segala ciptaan aku adalah  permulaan, akhir  dan juga pertengahan, wahai arjuna, diantara egala ilmu pengetahua, aku adalah  ilmu pengetahuan rohani tentang sang diri, dan  antara para akhli logika, aku adalah kebenaran sebagai kesimpulan
  SLOKA 10.36
Dyutam chalayatam asmi     tejas tejasvinam aham
             jayo’ smi vyavasayo ‘smi        sattvam sattvavatam                                                                                                                          aham
ARTINYA:Aku adalah pejudian kaum penipu. Aku adalah kemuliaan segala sesuatu yang yang mulia.aku adalah kejayaan aku adalah petualangan dan aku adalah kekuatan orang yang kuat.
  SLOKA 10.37
Vrsninam vasudevo ‘smi     pandavanam                                                                                                                             dhananjayah
    muninam apy aham vyasah     kavina kavih
ARTINYA:
Diantara keturunan vrsni aku adalah vasudewa. Diantara para pandawa  aku adalah arjuna, diantara resi-resi aku adalah vyasa, dan diantara para akhli pikir yang mulia aku adalah  usana.     
  SLOKA 10.38
Yac capi sarva-bhutanam   bijam  tad aham arjuna
              na tad asti vina yat syan     maya bhutam caracaram
ARTINYA:
Wahai arjuna, disamping itu aku adalah benih yang menghasilkan segala kehidupan. Tiada satu makhlukpun-baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak –yang dapat hidup tanpaku.
  SLOKA 11.7
 Ihaika stham jagat krtsnam   pasyadya sa-caracaram
               mama dehe  gudakesa     yac canyad drastum icchasi
ARTINYA :
Wahai arjuna apapu yang ingin kau lihat. Lihatlah dengan segera dalam badanku ini, bentuk semesta ini dapat memperlahatkan kepadamu apapu yang engkau ingin lihat sekarang dan apapun yang engkau ingin lihat pada masa yang akan datang .segala sesuatu baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak-berada di sini secara lengkap, di satu tempat.
  SLOKA 11.8
Na tu man sakyase drastum     anenaiva sva –caksusa
            divyam dadami te caksuh      pasya me yogam                                                                     aisvaram
Artinya:
Tetapi engkau tidak dapat melihat-Ku dengan mata yang engkau miliki sekarang.karena itu, aku memberikan mata rohani kepadamu . Lihatlah kehebatan batin-Ku
  SLOKA 11.13
Tatraika stham jagat krisnam              pravibhaktam                                                                                                                                   anekadha
            apasyad deva-devasya              sarire vandavas tada
ARTINYA:
Pada waktu itu dalam bentuk emesta tuhan arjuna dapat melihat perwujudan-perwujudan alam semesta yang tidak terhingga terletak di satu tempat walaupun dibagi menjadi beribu-ribu.
  SLOKA 11.51
Arjuna uvaca
Drstvedam manusam rupam    tava saumyam janadana
            idanim asmi samvrttah             sa-cetah prakrtim gatah
ARTINYA :
Ketika arjuna melihat krsna seperti itu dalm bentuknya yang asli ,dia berkata :o janardana, dengan melihat bentuk ini yang seperti manusia dan sangat  tampan, pikiran hamba sudah tenang , dan hamba kembnali pada sifat hamba yang asli.

KESIMPULAN
Suatu kewajiban merupakan suatu dharma .sedangkan tugas bukanlah merupakan suatu dosa, kelekalahan dan kematian dalam berperang  mengantarkan kita pada sorga ,menghadapi musuh dalam perang dan tidak mengabaikan tugas merupakan cermin dari seorang ksatria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar