WEJANGAN SANG KRESNA KEPADA
ARJUNA DALAM BHAGAVAD GITA DALAM KONSEP PILSAFAT
DALAM BHAGAVAD GITA KRISNA
MEMBERIKAN WEJANGAN KEPADA ARJUNA KARENA
KERAGU-RAGUANNYA DALAM MELAKSANAKAN KEWAJIBANNY A DALAM MEDAN PERANG.
— SLOKA 4.3
BERBUNYI
Aparam
bavato janma param janma visvatah
Katham
etad vijaniyam tvam adau proktavan iti
ARTINYA
Ilmu pengetahuan yang
abadi tersebut mengenal hubungan dengan
Yang Mahakuasa hari ini kusampaikan kepadamu,sebab engkau adalah
penyembah dan kawanku , karena itulah engkau dapat mengerti rahasia rohani ilmu
pengetahuan ini .
— SLOKA 4.4 ARJUNA UVACA
Aparam bhavato
janma param janma vivasvatah
Katham etad
vijaniyam tvam adau proktavam iti
ARTINYA:
Vivastam, dewa
matahari, lebih tua dari pada anda
menurut kelahiran. Bagaimana hamba dapat mengerti bahwa pada awal anda
mengajarkan ilmu pengetahuan ini kepada
beliau
— SLOKA 4.5
SRI BHAGAVAN UVACA:
Bahuni
me vyatitani janmanitava carjuna
Tany
aham veda sarvani na tvam vettha
parantapa
ARTINYA:
Kepribadian Tuhan Yang
Maha Esa bersabda: engkau dan aku sudah dilahirkan berulang kali. Aku dapat
ingat segala kelahiran itu,tetapi engkau tidak dapat ingat , wahai penakluk
musuh.
— SLOKA 4.6
Ajo ‘pi sann
avyatma bhutanam isvaro ‘pi san
prakrtim svam adhisthaya sambhavamy atma-mayaya
ARTINYA:
Walupun aku tidak
dilahirkan dan badan rohani-Ku tidak pernah merosot,dan walaupun aku penguasa
semua makhluk hidup , aku masih muncul pada setiap jaman dalam bentuk rohani-Ku
yang asli.
Ajnas
casraddadhanas ca samsayatma vinasyati
Ndyam
loko sti na paro na sukham
samsayatmanah
Artinya:
Tetapi orang yang bodoh
dan tidak percaya yang ragu-ragu tentang kitab-kitab suci yang di wahyukan
,tidak akan mencapai kesadaran terhadap tuhan yang maha esa ,melainkan mereka
jatuh.tidak ada kebahagian bagi orang yang ragu-ragu, baik di dunia ini maupun dalam penjelmaan yang akan datang .
SLOKA
5.10
Brahmany adhaya karmani sangam tyaktva karoti yah
Lipyate
na sa papena padma-patram ivambhasa
Artinya:
Orang yang melakukan
tugas kewajiban nya tanpa ikatan , dengan menyerahkan hasil perbuatan kepada
tuhan yyang maha esa , tidak di pengaruhi oleh perbuatan yang berdosa , ibarat
daun bunga padma yang tidak di sentuh
oleh air.
SLOKA
5.13 Sarva-karmani
manasa sannyasyate sukham vasi
Nava-dvare pure dehi naiva kuvam na karayan
Artinya:
Apabila makhluk hidup
yang membadan mengandalkan sifatnya dan secara mental melepaskan ikatan terhadap segala perbuatan , ia akan tinggal
dengan bahagia di kota yang mempunyai
sembilan pintu gerbang(badan jasmani) ,dan ia tidak bekerja ataupun menyebabkan pekerjaan di lakukan .
SLOKA
6.16
Naty-asnatas
tu yogo ‘sti na caikantam anasnatah
Na
cati-svapna-silasya jagrato
naiva carjuna
ARTINYA:
Wahai Arjuna, tidak
mungkin seorang menjadi yogi kalau dia makan terlalu banyak , makan terlalu
sedikit , tidak terlalu banyak atau
tidak tidur secukupnya.
— SLOKA 6.29
Yatha dipo nivata
–stho nengate sopama smerta
yogino yata-cittasya yunjato yogam atmanah
ARTINYA:
Ibarat lampu di tempat
yang tidak ada angin tidak bergoyang, seorang rohaniwan yang pikirannya terken
dalikan selalu mantap dalam semadinya pada sang diri yang rohani dan melampaui
hal- hal duniawi
— SLOKA7.8
Raso ‘ham apasu kaunteya prabhasmi sasi-suryayoh
Raso ‘ham apasu kaunteya prabhasmi sasi-suryayoh
Pranavah sarva-vedesu sabdah khe paurusan
nrsu
ARTINYA:
Wahai putera kunti
(arjuna) ,aku adalah rasa air ,cahaya matahari dan bula,suku kata om dalam
mantra-mantra veda:aku adalah suara di angkasa dan kesanggupan dalam manusia.
— SLOKA 7.9
Punyo gandhah prthivyam ca tejas casmi vibhavasau
jivanam
sarva-bhutesu tapas casmi
tapasvisu
ARTINYA:
Aku adalah harum yang
asli dari tanah, dan aku adalah panas dalam api. Aku adalah nyawa segala sesuatu yang hidup ,dan aku
adalah pertapaan semua orang yang bertapa
— SLOKA 7.10
Bijam
mam sarva-bhutanam viddhi partha sanatanam
Buddhir
buddimatam asmi tejas tejasvinam
aham
ARTINYA:
Wahai putera prtha, ketahuilah bahwa aku adalah benih asli segala
kehidupan , kecerdasan orang yang cerdas, dan kewibawaan orang yang perkasa .
— SLOKA
9.17
Pitaham
asya jagato mata dhata
pitamahah
vedyam pavutram omkara rk sama yajur eva ca
ARTINYA:
Akulah ayah alam semesta ini , ibu
penyannga dan kakek .akulah obyek
pengetahuan ,yang menyucikan dan suku kata om , aku juga Rg ,sama,dan
yajur veda.
SLOKA
10.20
Aham
atma udakesa sarva bhutasaya sthitah
Aham
adis ca madhyam ca bhutanam anta eva
ca
ARTINYA:
O Arjuna, aku adalah
roh yang utama yang bersemayam di dalam hati semua makhluk hidup. Aku adalah
awal,pertengahan dan akhir semua makhluk
— SLOKA 10.21
Adityanam
aham visnur jyotisan ravir amsuman
Maricir
marutam asmi naksatranam
aham sasi
ARTINYA:
Diantara para aditya aku adalah visnu,diantara sumber-sumber cahaya aku
adalah matahari yang cerah ,diantara para marut aku adalah marici,dan diantara
bintang-bintang aku adalah bulan.
— SLOKA 10.23
Rudranam sankaras
casmi vitteso yaksa-raksasam
vasunam pavakas casmi meruh sikharinam aham
ARTINYA:
Diantara semua rudra
aku adalah dewa siva, diantara para yaksa dan raksasa aku adalah dewa kekayaan
(kuvera) di antara para vasu aku adalah
api (agni), dan antara gunung-gunung aku adalah meru.
SLOKA 10.24
— Purodhasam
ca mukhyam mam viddhi partha brhaspatim
— Senaninam
aham skandah sarasam asmi sagarah
ARTINYA:
Wahai Arjuna, diantara semua pendeta ,ketahuilah bahwa aku adalah
Brhaspati ,pemimpinnya . Diantara para panglima aku adalah kartikeya,dan
diantara sumber-umber air aku adalah lautan.
— SLOKA
10.25
Maharsinam
bhrgur aham giram asmy ekam aksaram
Yajnanam
japa-yajno ‘smi sthavaranam himalayah
ARTINYA:
Di antara resi-resi yang mulia ,aku adalah bhrgu ,diantara
getaran-getaran suara aku adalah om yang bersifat rohani ,diantara
korban-korban suci aku adalah ucapan-ucapan nama-nama sici tuhan dan diantara
benda-benda yang tidak bergerak aku adalah pegunungan himalaya.
— SLOKA 132
Sarganam
adir antas ca madhyam caivaham arjuna
adhyatma-vida vidyanam vadah pravadatam aham
ARTINYA:
Diantara segala ciptaan aku adalah
permulaan, akhir dan juga
pertengahan, wahai arjuna, diantara egala ilmu pengetahua, aku adalah ilmu pengetahuan rohani tentang sang diri,
dan antara para akhli logika, aku adalah
kebenaran sebagai kesimpulan
— SLOKA 10.36
Dyutam
chalayatam asmi tejas tejasvinam aham
jayo’ smi vyavasayo ‘smi sattvam sattvavatam aham
ARTINYA:Aku adalah pejudian kaum penipu. Aku adalah kemuliaan segala
sesuatu yang yang mulia.aku adalah kejayaan aku adalah petualangan dan aku
adalah kekuatan orang yang kuat.
— SLOKA 10.37
Vrsninam vasudevo
‘smi pandavanam dhananjayah
muninam apy aham vyasah kavina kavih
ARTINYA:
Diantara keturunan vrsni aku adalah vasudewa. Diantara para pandawa aku adalah arjuna, diantara resi-resi aku
adalah vyasa, dan diantara para akhli pikir yang mulia aku adalah usana.
— SLOKA 10.38
Yac capi
sarva-bhutanam bijam tad aham arjuna
na tad asti vina yat syan maya bhutam caracaram
ARTINYA:
Wahai arjuna, disamping itu aku adalah benih yang menghasilkan segala
kehidupan. Tiada satu makhlukpun-baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak
–yang dapat hidup tanpaku.
— SLOKA 11.7
Ihaika stham jagat krtsnam pasyadya sa-caracaram
mama dehe
gudakesa yac canyad drastum
icchasi
ARTINYA :
Wahai arjuna apapu yang ingin kau lihat. Lihatlah dengan segera dalam
badanku ini, bentuk semesta ini dapat memperlahatkan kepadamu apapu yang engkau
ingin lihat sekarang dan apapun yang engkau ingin lihat pada masa yang akan
datang .segala sesuatu baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak-berada di
sini secara lengkap, di satu tempat.
— SLOKA 11.8
Na tu man sakyase
drastum anenaiva sva –caksusa
divyam
dadami te caksuh pasya me yogam aisvaram
Artinya:
Tetapi engkau tidak dapat melihat-Ku dengan mata yang engkau miliki
sekarang.karena itu, aku memberikan mata rohani kepadamu . Lihatlah kehebatan
batin-Ku
— SLOKA 11.13
Tatraika stham jagat
krisnam pravibhaktam anekadha
apasyad
deva-devasya sarire vandavas
tada
ARTINYA:
Pada waktu itu dalam bentuk emesta tuhan arjuna dapat melihat
perwujudan-perwujudan alam semesta yang tidak terhingga terletak di satu tempat
walaupun dibagi menjadi beribu-ribu.
— SLOKA 11.51
Arjuna uvaca
Drstvedam manusam
rupam tava saumyam janadana
idanim
asmi samvrttah sa-cetah
prakrtim gatah
ARTINYA :
Ketika arjuna melihat krsna seperti itu dalm bentuknya yang asli ,dia
berkata :o janardana, dengan melihat bentuk ini yang seperti manusia dan
sangat tampan, pikiran hamba sudah
tenang , dan hamba kembnali pada sifat hamba yang asli.
KESIMPULAN
Suatu
kewajiban merupakan suatu dharma .sedangkan tugas bukanlah merupakan suatu
dosa, kelekalahan dan kematian dalam berperang
mengantarkan kita pada sorga ,menghadapi musuh dalam perang dan tidak
mengabaikan tugas merupakan cermin dari seorang ksatria
Tidak ada komentar:
Posting Komentar